Rabu, 29 Agustus 2007

Rahasia Sukses JCO Donut?

Seringkali dalam mencari peluang bisnis kita berusaha untuk menjual suatu produk yang mempunyai konsep yang orisinal, unik dan baru dengan tujuan untuk menarik pelanggan dan menciptakan pasar yang baru. Pada prinsipnya bisnis yang sukses seringkali diperoleh tanpa anda harus mencari suatu produk yang benar-benar orisinal dan baru namun cukup dengan memberikan nilai tambah (value added) terhadap suatu produk yang sudah ada di pasar dapat memberikan bisnis yang sukses. Tentu anda harus jeli melihat selera pasar sehingga anda bisa memberikan nilai tambah yang juga memenuhi selera pasar. Selera pasar sangat dekat kaitannya dengan sikap dan prilaku manusia, oleh karenanya semakin anda sering bergaul dan mencari tahu selera calon pelanggan maka akan semakin besar peluang bisnis anda akan sukses.

Sebagai contoh adalah JCO Donut, sebenarnya saya adalah penggemar Starbuck namun melihat iklan gambar minuman yang dibuat oleh JCO sangat menarik membuat saya mau mencoba minuman ice blended kegemaran saya. Kesan saya adalah harganya relatif jauh lebih rendah daripada Starbuck dengan kualitas yang hampir sama. Di tambah lagi suasana seperti adanya sofa dan kursi yang juga hampir sama dengan Starbuck. Tidak ada lagi alasan saya untuk harus mengunjungi Starbuck apabila ada JCO karena walaupun variasi produk Starbuck lebih banyak daripada JCO namun saya hanya menyukai satu produk ice blended yang ada di kedua tempat ini. Ini suatu strategi bisnis yang baik karena saya yakin penggemar Starbuck 50%-nya sangat mudah berpindah kepada produk lain apabila ada produk yang sama dengan harga yang lebih murah. Lebih hebatnya lagi JCO tidak perlu bersusah payay membuat pasar untuk minuman kopi yang berharga mahal karena pasar ini sudah dibentuk oleh Starbuck, Coffe Bean danlainnya. Kalau kita lihat lebih jauh JCO ini seperti perpaduan antara Starbuck dan Dunkin Donut. Perhatikan kotak minuman, sedotan hingga tata letak meja untuk gula dan lainnya yang sangat mirip dengan Starbuck. Secara cerdik juga JCO menyajikan donut dengan cita rasa yang jauh lebih menarik daripada Dunkin Donut. Perusahaan besar seperti Dunkin Donut ini seringkali terlalu arogan dan lupa untuk berinovasi secara terus menerus dan setelah JCO meraih sukses Dunkin Donut baru melakukan inovasi produk dan mudah-mudahan belum terlambat karena seperti anda lihat Dunkin Donut di Pondok Indah suasananya juga akhirnya dibuat seperti Starbuck dengan adanya sofa dan lainnya. Saya yakin ini belum cukup karena untuk mampu bersaing maka Dunkin Donut harus melakukan inovasi lebih jauh dengan juga menjual kopi dan ice blended. Apabila hal ini dilakukan, dengan keunggulan produk Sandwichnya yang cukup nikmat maka pesaing JCO dan Starbuck akan bertambah.

Dengan melihat sukses JCO, strategi bisnisnya dapat kita pelajari. Cari bisnis atau produk yang sudah sukses kemudian belajar membuatnya dengan kualitas yang sama atau paling tidak sangat mendekati dan tambahkan nilai tambah secara cerdik dan jeli dengan melihat selesar pasar kemudian berikan harga yang lebih murah, maka peluang bisnis anda akan sangat menjanjikan. Sepertinya mudah namun pada pelaksanaannya tidaklah semudah yang dilihat. Organisasi dan manajemen yang baik akan memastikan bisnis anda berjalan dengan efisien dan efektif.

Apakah ada peluang bisnis yang baik saat ini? Kalau bisnis restoran saya melihat Pizza mempunyai pangsa yang besar. Mungkin saja anda bisa membuat restoran Pizza dengan cita rasa dan kualitas yang hampir sama dengan Pizza Hut demikian juga dengan bentuk, suasana, pelayanannya dengan harga yang lebih murah maka sangat mungkin anda akan sukses. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar: