Senin, 11 Februari 2008

Indahnya Bisnis Restoran

Indahnya Bisnis Restoran

Saat ini banyak sekali orang memulai usaha dengan bisnis restoran apakah dengan menggunakan resep sendiri, resep khusus keluarga ataupun beli franchise. Beli franchise mungkin dirasakan lebih mudah karena umumnya anda tidak perlu bersusah payah untuk membuat branding atau merk yang dikenal dan juga tidak perlu memikirkan terlalu banyak mengenai proses bisnis karena umumnya sudah disediakan dengan baik oleh pemilik franchise. Umumnya bisnis restoran dengan membeli franchise membutuhkan biaya yang relative lebih besar namun dengan harapan risiko bisnis akan relative lebih kecil.

Alternaif lainnya adalah menggunakan resep keluarga, resep sendiri ataupun bekerjasama dengan chef atau Koki tertentu yang sudah mempunyai pengalaman dan keahlian masak yang baik. Bisnis ini umumnya biaya investasi lebih kecil daripada franchise dalam jenis makanan dan tingkat restoran yang sama.

Mengapa bisnis ini disukai, jawabannya sederhana karena semua orang suka makan dan minum dan makan bukan saja menjadi kebutuhan mendasar tetapi mencoba restoran baru dan makanan yang beragam menjadi sebuah gaya hidup dan pengalaman yang menyenangkan. Faktor lainnya adalah pertumbuhan ekonomi akan menciptakan lebih banyak orang dalam usia bekerja yang juga akan menjadi calon pelanggan yang potensial.

Semua hal diatas benar namun kita perlu berhati-hati karena persaingan semakin tinggi dan semakin banyaknya alternative jenis makanan yang ditawarkan maka anda juga perlu melakukan inovasi terus menerus. Sebagai contoh Dunkin Donuts yang sebelumnya menikmati bisnis donut yang sangat dominan dan cenderung untuk tidak mau berubah baik daripada segi produk donutnya maupun tempatnya. Belakangan masuk pesaing baru yang langsung melesat seperti I-Crave Donut dari Melawai Group dan JCO Donut dari Johny Andrean Group, sehingga membuat Dunkin Donut di Indonesia semakin tertatih-tatih. Karena tidak ada pilihan baru beberapa saat yang lalu konsep tempat dan jenis donut dan minuman lainnya dikembangkan untuk dapat bersaing dengan kedua pesaing diatas.

Pebisnis restoran tidak boleh terlena dan ada beberapa hal terpenting yang perlu selalu dilakukan inovasi yaitu organisasi, proses bisnis, jenis produk yang mempunyai nilai lebih, pembedaan dan tempat makan yang nyaman yang bisa berfungsi sebagai tempat ngobrol atau sekedar minum dengan teman-teman. Beberapa restoran mencoba dengan membuat tempat-tempat yang unik seperti the Peak di Bandung dan lainnya namun jangan lupa kedua faktor lainnya seperti pengelolaan yang baik, pemasaran dan branding yang efektif dan inovasi produk secara terus menerus. Sebaik apapun jenis makan produk anda dan seberapa banyaknya pelanggan anda apabila anda tidak memperhatikan masalah-masalah organisasi seperti sumber daya manusia, inventori, pembelian dan bisnis proses restoran anda maka sangat mungkin restoran anda akan merugi atau dalam jangka panjang tidak dapat bersaing.