Kamis, 13 September 2007

Pemimpin, Visi & Kemampuan Melihat Tantangan Masa Depan

Beberapa pakar berusaha mencari tahu resep yang paling utama suatu bisnis dan perusahaan bisa menjadi sangat sukses. Hingga akhir ini sungguh sulit untuk bisa menyimpulkan suatu jawaban tunggal atau kesimpulan tertentu. Beberapa perusahaan berkembang menjadi sukses karena produknya memiliki keunikan dan manfaat yang sangat disukai dan dibutuhkan oleh konsumen. Bahkan seringkali terjadi kebutuhan tersebut baru didasari pada saat produk tersebut diperkenalkan pertama kali. Sebagai contoh adalah produk ”Posted It” yang ditemukan pertama sekali oleh Dr. Spencer tahun 1970 yang kemudian diproduksi oleh 3M. Produk ini sangat khas karena bentuknya sebuah kertas kecil berwarna kuning dengan bagian atas dan belakang kertas tersebut bersifat lengket namun bukanlah lem. Sifat lengket ini cukup untuk menempelkannya di sekat meja kantor atau komputer atau tempat lainnya di kantor namun apabila tersentuh oleh tangan tidak memberikan kelengketan seperti lem yang umumnya membuat kulit menjadi iritasi. Produk ini ditemukan secara tidak sengaja oleh Dr. Spencer yang sempat hampir terjatuh oleh suatu cairan yang tidak terlalu lengket di mana kemudian Dr. Spencer memperhatikn temannya Arthur Fry mengalami kesulitan untuk menyanyi dalam kelompok paduan suaranya karena kertas berisi nada dan syair selalu terjatuh daripada karton yang berbentuk map atau folder yang dipegangnya. Ide kebetulan ini kemudian menjadi produk yang sangat fenomenal dan saat ini hampir tidak mungkin suatu pekerjaan kantor tidak menggunakan produk tersebut. Namun demikian sebelum diperkenalkan pertama kali hampir tidak ada seorangpun yang merasakan kebutuhan yang sangat mendesak atas produk ini. 3M dengan ”Post It” merupakan fenomenal yang luar biasa yang tentu saja tidak bisa disamakan dengan fenomena luar biasa Bill Gates & Software atau perangkat lunak yaitu sistim operasi dengan Microsoft-nya. Keduanya memperoleh kesuksesan luar biasa karena terobosan produk yang unik dan memberikan manfaat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat walaupun dalam kategori yang berbeda. Adapun Microsoft masih terus memimpin menjadi suatu perusahaan manufaktur perangkat lunak yang paling besar di dunia karena inovasinya yang dilakukan secara terus menerus sedangkan produk ”Post It” masih memberikan keuntungan yang sangat besar kepada 3M walalupun tidak banyak inovasi yang dilakukan dalam 20 tahun terakhir. Kisah sukses bisnis perusahaan lainnya dilakukan oleh CEO legendaris Jack Welch yang lahie pada tahun 1935 dan memimpin General Electric (GE) dari tahun 1981-2001 atau kurang lebih 20 tahun. Jack Welch tidak membangun GE dari awal atau menemukan suatu produk yang khas namun dalam kepemimpinannya Jack Welch secara fenomenal berhasil meningkatkan kapitalisasi pasar (nilai saham publik) GE sebesar kurang lebih USD400 miliar atau 4.000 triliun dalam waktu 18 tahun suatu angka yang sangat luar biasa. Bagaimana Jack Welch dapat melakukan hal tersebut? Jack berhasil karena gaya yang khas daripada kepemimpinannya, keahlian organisasinya yang luar biasa dan kemampuannya melihat jauh ke depan tantangan strategis bisnis dan perusahaannya. Kesuksesan yang diperolehnya sangat berbeda dengan contoh sebelumnya karena kunci suksesnya lebih kepada inovasi dalam organisasi dan proses bisnis. Namun demikian ada beberapa kesamaan yang paling tidak dapat kita simpulkan yaitu kesukesan bisnis ketiga contoh diatas semuanya diperoleh karena adanya visi dan kemampuannya melihat peluang usaha sedangkan orang lain tidak dapat melihat peluang tersebut. Jack Welch mampu melihat tantangan masa depan GE, Bill Gates mengetahui perlunya inovasi secara terus menerus dan Dr.Spencer melihat peluang ”Post It” untuk kebutuhan pekerjaan kantor masa depan. Dalam banyak studi yang dilakukan oleh pakar manajemen, walaupun tidak dapat disimpulkan secara seragam apa yang membuat sebuah bisnis perusahaan menjadi sangat sukses namun dapat disimpulkan bahwasanya kegagalan usaha hampir seluruhnya terjadi disebabkan karena pemimpin perusahaannya tidak mempunyai visi dan kemampuan melihat tantangan dan peluang masa depan.